Saturday, February 4, 2017

Joox vs Spotify

Di era yang serba digital ini, bisnis aplikasi yang berbasis komputasi awan atau cloud dinilai cukup menjanjikan bagi perusahaan. Sehubungan dengan adanya hal itu, perusahaan teknologi pun memanfaatkan perkembangan zaman yang semakin modern ini dengan menawarkan aplikasi berbasis cloud baik yang dapat dipergunakan oleh perseorangan maupun oleh perusahaan.

Banyak bidang bisnis yang telah memanfaatkan adanya cloud ini, sebagai contoh dalam bidang penyimpanan atau storage yaitu adanya aplikasi Google Drive dan Dropbox. Dalam bidang aplikasi pun juga muncul aplikasi yang berbasis cloud yang memungkinkan user untuk dapat menggunakan aplikasi tanpa harus men-download dan meng-install program tersebut. Contoh aplikasinya adalah Office 365 yang merupakan layanan berbasis cloud yang diciptakan oleh Microsoft serta Google Docs yang diciptakan oleh Google. Selain itu, dikembangkan pula aplikasi musik berbasis cloud yang memungkinkan user untuk melakukan streaming atas musik tanpa perlu men-download. Contoh aplikasinya yaitu Spotify, Joox, Soundcloud, Cloudplayer, AppleMusic, Dezzer, dan Guvera.

Indonesia adalah sasaran yang menguntungkan bagi pasar musik streaming. Menurut situs wearesocial.com jumlah pengguna internet di Indonesia yang aktif berjumlah 88.1 juta orang atau 34% dari penduduk Indonesia per Januari 2016, dari sumber yang sama jumlah orang yang aktif di internet per hari di Indonesia mencapai 4 jam 42 menit di PC/Tablet dan 3 jam 33 menit di handphone/smartphone. Angka yang cukup banyak ini  menjadi acuan para perusahaan developer aplikasi streaming untuk bermain di Indonesia jika bisa merebut 10% dari pengguna internet Indonesia untuk memakai jasa streaming yang kemungkinan besar cukup menguntungkan.

Banyak penyedia jasa streaming yang mulai menyediakan servisnya di Indonesia seperti Joox, Spotify, Soundcloud, Guvera, Deezer, Langit Musik dan sebagainya. Dari banyak penyedia aplikasi streaming musik, ada dua aplikasi yang memiliki cukup banyak penggunanya, aplikasi tersebut adalah Joox dan Spotify.

Kedua layanan streaming ini saling bersaing untuk menjadi nomor satu di layanan penyedia jasa streaming musik. Joox sampai ke Indonesia dengan kerjasama dari Tencent Mobile dan MNC Group sedangkan Spotify sampai ke Indonesia sebagai bagian dari strategi Spotify Global untuk melancarkan ekspansi global mereka. Joox dapat semakin populer karena promosi yang gencar di berbagai macam media mulai dari iklan TV sampai iklan koran sedangkan Spotify populer karena nama mereka yang sudah mendunia untuk urusan streaming musik.

Untuk perbandingannya, mari kita lihat dibawah ini.

Desain dan Antar Muka Pengguna (User Interface)


Ketika kita membuka aplikasi Joox, semua menu langsung ditampilkan pada satu halaman. Tampilan home dari Joox langsung menampilkan berbagai macam fitur seperti header yang berisi highlight album/single, iklan dan kuis. Ketika kita scroll ke bawah Joox langsung menawarkan berbagai macam playlist. Selain itu, dibawah tampilan tersebut juga disediakan berbagai video clip dari musik yang ada. Selain itu, Joox juga memungkinkan user untuk mengganti tema atau tampilan dari aplikasi tersebut.
Tampilan Soptify tampak lebih sederhana. Ketika memasuki halaman home dari aplikasi ini, akan ditampilkan berbagai macam playlist yang berubah setiap 6 jam sekali, kemudian ada menu chart, rilisan terbaru artis lokal maupun mancanegara, temukan dan konser. Fitur-fitur tersebut berguna untuk mencari lagu baru.
Kompabilitas dan Ketersediaan
Joox bisa diinstal pada dua platform yaitu dari smartphone (iOS maupun Android) dan bisa didengarkan lewat desktop atau komputer melalui website www.joox.com. Joox juga hanya bisa didengar oleh pengguna di Indonesia sehingga ketika kamu melakukan setting VPN ke negara selain Indonesia Joox tidak dapat memberikan akses musiknya.
Spotify dapat didengar dengan tiga cara yaitu dari smartphone (iOS maupun Android), lewat desktop atau komputer dengan cara mengakses website play.spotify.com atau bisa mengunduh aplikasi desktop untuk Windows dan juga Mac yang jauh lebih berguna di kala internet sedang lambat. Spotify tersedia di hampir 60 negara di seluruh dunia.
Sinkronisasi antar perangkat

Fitur sinkon merupakan fitur yang harus ada di setiap aplikasi penyedia layanan music streaming. Hal ini disebabkan karena user dapat menggunakan banyak perangkat yang beragam seperti PC, Notebook dan Smartphone. Untuk mendukung mobilitas, Spotify maupun JOOX juga memiliki fitur ini. Dalam hal sinkronisasi antar perangkat, Spotify dapat dikatakan lebih unggul karena dengan hanya mendownload lagu di perangkat desktop atau PC, user dapat langsung mengontrol lagu yang telah diunduh dan dapat didengarkan di smartphone seperti android atau iOS.

Fitur lain yang dimiliki aplikasi ini adalah semua lagu yang telah disimpan di akun yang dimiliki  oleh user akan secara otomatis tersimpan di semua perangkat. Sehingga user tidak mengalami kerepotan ketika berganti perangkat selama user tersebut menggunakan akun yang sama.

Layanan VIP & Premium
Untuk layanan Premium & VIP, Joox dan Soptify sama sama menyediakan free trial. JOOX memberikan layanan VIP Gratis selama 1 bulan untuk member baru, Sedangkan Spotify memberikan 1 minggu Layanan Premium untuk member baru. Jika masa layanan habis, user tetap dapat mendengarkan lagu tetapi dengan konsekuensi yaitu adanya iklan. Dan untuk JOOX, user tidak akan bisa memutar lagu yang memiliki label VIP dan fitur download tidak tersedia.


Untuk cara pembayaran, JOOX terbilang lebih mudah karena user dapat membayar dengan billing operator melalui google play dengan menggunakan pulsa.
Tabel perbandingan kelebihan dan kekurangan Joox vs Spotify.
Joox
Spotify
Kelebihan
Kekurangan
Kelebihan
Kekurangan
Interface Bagus karena memiliki Galeri Tema
Sedikit lebih berat dibandingkan Spotify
Ringan, Cocok untuk device low end
Tidak memiliki lirik
Fitur Share to get VIP
Kualitas Audio dibawah Spotify
Sederhana
Tidak adanya timer
Memiliki Lirik
Jumlah lagu hanya sekitar 5+ Juta
Mudah Digunakan
Pembayaran sedikit ribet
DTS

Memiliki lagu yang sangat banyak, Sekitar 30+ Juta Lagu
Tidak memiliki fitur layanan premium gratis seperti joox setelah habis masa trial
timer

Tangga Lagu

Kartu Lirik

Fitur mood yang Akurat

Musik Indonesia yang lengkap

Unggul dalam sinkronasi perangkat

Pembayaran mudah, bisa memakai pulsa





1 comments:

  1. i like this article very much.you really good in differen between two same apps.you can also are downloadspotify premium apk here.

    ReplyDelete

 

A story about life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang

Blogger Templates