Saturday, March 4, 2017

Collaborative Economy di Era Ekonomi Digital

Ekonomi di zaman ini telah bergeser menjadi ekonomi yang kolaboratif. Tidak ada lagi kekayaan yang dikuasai oleh perseorangan saja. Dalam hal collaborative economy, kemampuan untuk bekerja sama dalam hal sumber daya merupakan modal yang cukup penting untuk mampu bersaing di dalam perekonomian.

Ada banyak ulasan jika kita mencari segala hal mengenai ekonomi kolaboratif. Menurut Rachel Bostman, pemikir collaborative economy, mendefinisikan collaborative economy dengan, “business model based on horizontal network and participation of a community.” Maka menurut Bostman, di dalam ekonomi kolaboratif ini terdapat jejaring horizontal, partisipasi, distribusi kekuasaan dan kepercayaan dan kuncinya yaitu tidak adanya batas yang jelas antara produsen dan konsumen. Hal ini berarti bahwa dalam ekonomi kolaboratif, seorang konsumen dapat pula menjadi produsen.

Bagaimana hal itu bisa terjadi? Berikut ini adalah contoh-contoh yang berkenaan dengan collaborative economy. Jika kita bepergian ke luar negeri, dulu, sesampainya kita di bandara, hal yang kita lakukan adalah untuk mencari taksi, kemudian pergi ke hotel atau mungkin makan malam terlebih dahulu.

Namun kini collaborative economy mengatasi hal-hal tersebut. Sekarang telah muncul revolusi model bisnis yang baru yang dimulai karena adanya ekonomi digital yang memacu ekonomi kolaboratif. Ketika kita bepergian ke luar negeri, sesampainya di bandara, kita dapat memanfaatkan adanya teknologi misalnya dengan aplikasi Lyft. Aplikasi ini memungkinkan memesan layanan dengan mobil-mobil pribadi yang dimanfaatkan orang-orang sebagai “taksi”, kemudian untuk mendapatkan tempat menginap, kita dapat memanfaatkan aplikasi AirBnb. Hal ini merupakan e-marketplace dimana pemilik rumah dapat menawarkan rumahnya untuk dijadikan tempat menginap.  Semua hal ini dapat terjadi dengan adanya transformasi teknologi dan internet.

Konsep collaborative economy ini cukup sederhana. Yaitu konsumen mampu mendapatkan apapun yang mereka butuhkan dari satu sama lain (peer to peer) bukan hanya melalui perusahaan besar saja.

Selain beberapa contoh diatas, berikut ini adalah beberapa fenomena yang menunjukkan mengenai collaborative economy yang dapat dilihat pada perkembangan berikut ini.

The sharing economy atau Collaborative Consumption
Collaborative consumption merupakan suatu model ekonomi yang didasarkan pada pembagian, pertukaran, penjualan, peminjaman, pemberian, atau penyewaan akses terhadap suatu produk tanpa membeli untuk produk tersebut secaraa sepenuhnya.

Ada 3 cara yang memungkinkan collaborative consumption ini dapat terjadi yang meliputi:
1.   Jaringan redistribusi. Inti dari hal ini adalah mendistribusikan ulang barang-barang bekas. Contohnya yaitu e-Bay yang merupakan pelopor dalam teknologi ini.
2.  Sistem layanan produk. Sistem ini memungkinkan konsumen untuk berbagi kepemilikan dan biaya-biaya yang berkenaan dengan produk tersebut. Contohnya yaitu sewa-menyewa.
3.  Gaya hidup kolaboratif. Hal ini merupakan sistem dimana konsumen dapat saling menukar asset non-produk, misalnya waktu, ruang atau keahlian. Contohnya penggunaan forum-forum diskusi untuk saling menawarkan jasa dan keahlian yang dapat dimanfaatkan oleh peserta lain.

·         Crowdfunding dan Person-to-person banking
Crowdfunding dan person-to-person banking memungkinkan sirkulasi modal antar individu untuk mendanai proyek-proyek kreatif, sosial dan kewirausahaan.

·         Open Knowledge
Open knowledge memungkinkan semua orang untuk secara bebas memakai, menggunakan kembali dan mendistribusikan pengetahuan seperti konten, data, kode atau desain. Prinsip ini adalah dasar dari commons-based peer production seperti free software, creative commons, open science dan sebagainya.

·         Makers, Open Design, dan Manufacturing
Open design dan manufacturing membebaskan proses merancang, memproduksi dan mendistribusikan barang fisik dengan mengkombinasikan open knowledge dan infrastruktur yang terdistribusi. Hal ini mengandalkan alat, ruang, komunitas dan marketplace.

0 comments:

Post a Comment

 

A story about life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang

Blogger Templates