Tuesday, June 28, 2016

Was-Was Menghadapi Ospek Mahasiswa Baru? Ini Solusinya!

Tahun ajaran baru telah tiba. Dan pastinya, di awal tahun yang baru ini, beberapa dari kita akan menghadapi suatu kehidupan baru, sebuah masa transisi dari masa SMA ke masa perkuliahan. Dan yang pasti lagi, semua mahasiswa baru akan mengalami orientasi mahasiswa baru yang kini lebih akrab terdengar dengan ospek.

stumagz.com

Sebenarnya apakah itu ospek atau orientasi mahasiswa baru? Ospek adalah suatu rangkaian kegiatan yang dipersiapkan dan diadakan oleh universitas sebagai alat untuk memperkenalkan lingkungan kampus kepada mahasiswa dan mahasiswi barunya. Lalu, apakah fungsi ospek itu? Sesuai arti ospek, maka ia pun berfungsi untuk memperkenalkan lingkungan kampus. 

Sebagian dari kita mungkin adalah calon-calon mahasiswa yang berasal dari luar kota, atau bahkan dari luar pulau. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui seluk-beluk daerah yang akan kita tinggali selama kita menuntut ilmu di kampung halaman orang lain dalam kurun waktu beberapa tahun ini. Karena itu pula, dengan ospek kita bisa lebih mengenal tempat tinggal kita yang baru serta lingkungan kampus yang akan sering kita kunjungi.

Mungkin sebagian dari kita memiliki beberapa pikiran yang negatif mengenai ospek, contohnya seperti kekerasan ketika ospek yang terjadi di IPDN yang menimbulkan korban, pemikiran tentang senioritas, perploncoan, ataupun ospek yang dijadikan sebagai ajang ‘balas dendam’ atas kekejaman senior di tahun sebelumnya yang dilampiaskan kepada juniornya, dan sebagainya. Nah, jika kita ingin mendapatkan masa-masa ospek yang menyenangkan, alangkah baiknya jika kita menjauhkan pikiran-pikiran buruk tersebut dari otak kita. 

Berikut ini adalah beberapa tips yang mampu menunjang suksesnya ospek dan juga bisa membuat ospek kita menjadi masa-masa yang indah untuk dikenang. So, check it down!

1. Ikuti akun-akun official mengenai kampus.

Hal yang satu ini, jangan sampai ketinggalan. Hal ini sangat penting bagi kita lho! Jika saja kita tidak mengikuti akun-akun official mengenai kampus, tentu saja kita akan ketinggalan info yang beredar. Jangan sampai kita menjadi mahasiswa yang kudet atau kurang update tentang info yang sudah tersebar.

2. Terus ikuti info, jangan sampai ada info yang ketinggalan dan membuatmu tidak tahu apa-apa.

Hal ini merupakan hal yang cukup penting. Alangkah baiknya jika kita bisa terus up to date akan social media yang ada hubungannya mengenai kampus.

3. Buat dan join grup mahasiswa baru.

Grup mahasiswa baru juga memiliki peran yang cukup penting bagi kita. Dengan adanya grup, kita bisa mengenal calon teman-teman kita terlebih dahulu walaupun kita belum pernah bertemu dalam dunia yang sesungguhnya. Namun dengan sebuah grup yang mendekatkan kita, paling tidak nantinya ketika sudah bertemu, kita tidak akan menjadi canggung.

4. Cari teman dan perbanyak relasi.

Ketika kita akan memasuki dunia yang baru, sudah pastilah bahwa kita harus lebih giat dalam pencari teman-teman baru jika kita tak ingin menjadi sosok yang terkucilkan atau tidak punya teman. By the way, mencari teman itu penting lho. Ini bisa memudahkan kita dalam segala hal di perkuliahan nanti, termasuk juga dalam ospek nantinya. Lebih baik pula jika kita tidak hanya mencari teman yang berasal dari jurusan yang sama, namun juga carilah teman dari jurusan yang lain. Tidak ada salahnya bagi kita untuk “jb-jb” karena hal tersebut akan memperingan kita sendiri pada nantinya.

5. Kerjakan tugas ospek bersama-sama.

Ketika masa liburan kita telah berakhir, pastinya kita akan datang ke kota tempat tinggal kita yang baru untuk memulai dunia perkuliahan. Nah sebelum perkuliahan yang nyata dimulai, kita terlebih dahulu akan melewati masa-masa ospek. Pastilah ketika ospek, tugas sudah mulai menggunung karena tuntutan dari adanya ospek yang memperkenalkan kita untuk membiasakan diri dengan tugas kampus yang tak sedikit. Oleh karena itu, untuk melancarkan ospek, kerjakanlah tugas-tugas ospek secara bersama-sama. Jangan menjadi seorang yang individualis. Selain itu dengan mengerjakan tugas bersama akan membuat tugas yang banyak terasa ringan dan lebih cepat selesai.

6. Jaga kekompakan antar teman dan kelompok ospek.

Alangkah baiknya jika kita mampu mengenal lebih dekat tentang teman-teman ospek kita. Hal ini memberikan prospek yang baik untuk masa depan kita pula. Karena biasanya ketika ospek, kita akan berbaur dengan teman-teman yang berasal dari jurusan yang berbeda dengan kita. Nah jika kita mampu menjalin kekompakan, suatu saat nanti baik kita atau mereka akan saling membutuhkan di masa depan, baik untuk urusan pekerjaan atau sebagai partner bisnis. Yang pasti, hal ini akan sangat menguntungkan.

7. Ketika kita diwajibkan untuk membeli barang-barang untuk perlengkapan ospek, belilah di toko grosir.

Sebagai anak rantau, pasti kita akan mengalami kesulitan dan masalah dalam keuangan. Apalagi ketika ospek, banyak aturan ini itu serta banyak hal yang menharuskan kita membawa barang-barang yang tidak kita miliki sebelumnya sehingga kita harus merogoh kocek untuk membeli barang. Dan selain itu, kita harus mengatur keuangan kita agar mampu bertahan hidup di tanah rantau. Oleh sebab itu, ketika kita diharuskan untuk membeli keperluan ospek, alangkah baiknya jika kita membeli di toko grosir. Kemudian, jangan lupa beli untuk satu kelompok sekaligus agar kita bisa mendapatkan harga yang lebih miring.

Sekian beberapa tips mengenai ospek, dan yang terpenting adalah kita harus menjalani segala hal dengan senang hati dan penuh semangat. Jika kita menjalani dengan senang hati, maka pastilah akan terasa ringan juga.

0 comments:

Post a Comment

 

A story about life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang

Blogger Templates