Thursday, June 30, 2016

Introvert?


Pernahkan merasa ingin sendirian ketika berada di suatu tempat yang ramai? Pernahkah merasa ingin menjauhkan diri dari keramaian yang ada? Dan pernahkah untuk berpikir bahwa dengan diri kita sendiri tanpa adanya orang lain pun sudah cukup bagi kita? Jika ya, mungkin bahwa diri kita adalah seseorang yang introvert.


Menurut Cambridge Advanced Learner’s Dictionary Third Edition, introvert adalah seseorang yang pemalu, pendiam dan tidak mampu berteman dengan mudah. Introvert merupakan jenis kepribadian manusia yang yang berkaitan dalam dunia manusia itu sendiri. Hal ini bisa berarti bahwa orang yang introvert akan cenderung terfokus pada dirinya sendiri. Orang yang introvert cenderung lebih banyak menggunakan kemampuan otak mereka daripada kemampuan kinetik.
Berikut ini adalah ciri-ciri dari seorang yang introvert:
1.       Penyendiri
2.       Suka berpikir
3.       Pendiam
4.       Pemalu
5.       Lebih suka berinteraksi perorangan
6.       Sulit untuk bergaul
7.       Lebih sering menjadi pendengar daripada menjadi orang yang sering bercerita
8.       Lebih mudah mengungkapkan suatu hal dengan tulisan haripada dengan berbicara
9.       Memiliki imajinasi yang tinggi
10.   Senang melakukan kegiatan yang tenang, seperti menulis dan membaca
Dari hal-hal berikut, introvert bukanlah suatu hal yang buruk. Seorang yang introvert justru memiliki suatu kelebihan jika dibandingkan dengan orang lain. Mereka cenderung orang yang suka berpikir, maka tak heran jika orang yang introvert kebanyakan adalah orang yang cerdas dalam hal kognitif.
Selain itu, orang yang introvert bukan berarti orang yang tak mampu bersosialisasi dengan orang lain. Mereka mampu bersosialisasi namun dengan pendekatan perseorangan yang justru dengan hal ini akan menbuat pertemanan mereka tampak lebih intim. Ini juga berarti bahwa ketika meereka memiliki sahabat, akan terjamin bahwa persahabatan mereka mampu bertahan lama. Mereka tergolong orang yang setia.
Introvert juga bukan berarti orang yang anti sosial. Mereka hanya selektif akan siapa yang mereka jadikan lingkungan sosialnya. Mereka cenderung lebih berhati-hati dalam pergaulannya.  Dan mereka juga membuka diri hanya untuk orang-orang tertentu saja.

Jika kalian adalah jenis orang yang introvert, janganlah menjadi minder karena hal ini bukan sebuah hal yang memalukan. Hal ini justru bisa dijadikan suatu kelebihan bagi diri kita masing-masing. Dengan menjadi seorang yang introvert, kita akan menjadi orang yang lebih berhati-hati dalam segala hal. Hal ini merupakan sebuah kelebihan. Karena itu, dengan apapun yang kita miliki, syukuri lah dan lakukan yang terbaik atas segala yang telah menjadi pemberian.

0 comments:

Post a Comment

 

A story about life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang

Blogger Templates